Jumat, 27 November 2015

Obat Alami Penyakit Batu Empedu (Natural Cure Gallstone)

Batu empedu adalah penyakit yang terjadi karena mengerasnya cairan empedu yang tersusun oleh kolesterol, bilirubin dan zat-zat lainnya yang kemudian membentuk batu empedu. Batu empedu bisa terjadi pada kandung ataupun saluran empedu.

Bila batu empedu terjadi di kandung empedu maka bisa menyebabkan radang kandung empedu atau kolesistitis Jika sudah akut akan menimbulkan rasa mual, muntah, nyeri mendadak pada sekitar perut bagian atas kanan atau tengah. Batu empedu dalam kandung empedu, bisa menyebabkan komplikasi penyakit berbahaya seperti kanker. Kemudian jika terjadi pada saluran empedu atau koledokolitiasis akan menyebabkan penyakit kuning atau kerusakan pada sel hati, ciri-ciri koledokoliatis adalah warna kekuningan pada kulit atau mata, warna tanah liat pada tinja, jika ciri-ciri ini terjadi besar kemungkinan ada batu empedu pada saluran empedu.

Batu empedu ada beberapa jenis, antara lain :
1. Batu kolesterol, sekitar 70 % terbentuk dari kolesterol yang mengkristal yang lama kelamaan menjadi batu empedu, sebagian besar penderita batu empedu dikarenakan oleh hal ini.
2. Batu pigmen, terbentuk dari bilirubin, kalsium serta sekitar 30% kolesterol, biasanya berukuran lebih kecil dari batu kolesterol dan berwarna hitam
3. Batu campuran, terbentuk dari campuran kolesterol dan pigmen

Penyebab batu empedu biasanya dikarenakan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol, seperti jeroan,seafood, serta minimnya konsumsi makanan yang kaya akan serat seperti sayur-sayuran.

Tapi tenang bagi anda yang menderita penyakit batu empedu, segera konsumsi obat alami batu empedu yang ada dibawah ini. Obat alami batu empedu yang mudah didapat dan efektif digunakan untuk menyembuhkan penyakit batu empedu antara lain :



1. Cuka Apel (Apple Vinegar)
Buah apel memiliki kemampuan untuk melarutkan batu empedu. Kandungan asam malat dalam apel mampu melunakkan batu empedu, sehingga dengan mudah dihilangkan dari kandung atau saluran empedu. Selain itu cuka apel dapat mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan oleh batu empedu dan menghambat hati dalam membuat kolesterol, yang mana kolesterol (LDL) merupakan penyebab terbesar terjadinya batu empedu. Anda bisa konsumsi dalam bentuk cuka apel maupun buah segar ataupun dibuat jus, semua sama manfaatnya.



2. Lemon
Seperti buah apel, lemon juga memiliki kemampuan untuk menghambat hati dalam membuat kolesterol. Kandungan pektin dalam lemon bermanfaat mengurangi rasa sakit akibat adanya batu empedu. Dan juga vitamin c yang terdapat dalam lemon, membantu melarutkan kolesterol dalam air sehingga dapat melenyapkan batu empedu. Selain lemon, anda bisa juga menggunakan buah jeruk untuk mengobati batu empedu.


3. Kunyit (Turmeric)
Kunyit memiliki kandungan curcumin yang sangat efektif dalam mengobati batu empedu. Kunyit membantu melarutkan batu empedu dan senyawanya. Kunyit juga memiliki sifat anti-inflamasi (anti peradangan) dan anti-oksidan (nutrisi yang berperan dalam menjaga dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak akibat radikal bebas). Dengan konsumsi setengah sendok teh bubuk kunyit setiap hari mampu melenyapkan 80% batu empedu, anda bisa menambahkan madu untuk mempercepat penyembuhan.


4. Jahe (Ginger)
Jahe seperti kerabatnya kunyit juga memiliki sifat anti-inflamasi (anti peradangan) dan anti-oksidan (nutrisi yang berperan dalam menjaga dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak akibat radikal bebas). Jahe menjaga kandung dan saluran empedu dari peradangan serta melarutkan batu empedu. Selain itu bahan aktif utama dalam jahe, shogaols dan gingerol membantu menetralkan asam di perut anda, sehingga bisa meredakan rasa mual, muntah dan nyeri akibat efek yang ditimbulkan oleh batu empedu. Buatlah minuman jahe dan tambahkan beberapa sendok makan madu agar hasil lebih maksimal. Minum 3x sehari secara rutin.


5. Kopi (Coffee)
Kafein dikenal dapat mencegah pembentukan batu empedu. Kopi meningkatkan aliran empedu dan hal itu mencegah terjadinya batu empedu. Dalam suatu studi ditemukan bahwa laki-laki yang minum 2 gelas kopi per hari, mengurangi resiko terkena batu empedu sebesar 40%. Sebaiknya untuk mengobati penyakit batu empedu, konsumsi kopi cukup 1-2 gelas per hari saja.

Demikian artikel saya tentang obat alami batu empedu semoga bisa memberikan manfaat bagi anda yang sedang membutuhkan dan semoga bagi anda yang sedang mengalami penyakit batu empedu di beri kesembuhan atas penyakitnya aamiin.

Apabila anda ingin menambahkan, silahkan berbagi di kolom komentar. Dan jika anda ingin mencopy atau menyalin artikel yang ada di blog ini, mohon untuk menyertakan alamat blog ini di artikel anda. Terima kasih

Sumber :
http://www.wealthformyhealth.com/the-best-natural-remedies-for-gallstones/
http://homeremediesforlife.com/gallstones/
http://www.myhealthtips.in/2013/10/how-to-get-rid-of-gallstones-naturally.html
http://gallbladderhelp.com/ginger-gallbladder-gallstones-ginger
http://www.nftips.com/2014/09/natural-tips-to-remove-gallstones.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar